Jumat, 13 Februari 2015

4P Pepsodent



Pepsodent




Pepsodent adalah salah satu merek pasta dan sikat gigi dari Unilever. Pepsodent adalah pasta gigi yang tertua di Indonesia. Pepsodent pertama kali diluncurkan di Inggris pada dekade 1920-an dan menyebar ke negeri-negeri jajahannya termasuk Hindia-Belanda (Indonesia), Malaya (Malaysia), dan Temasek (Singapura). Pepsodent adalah salah satu produk yang cukup terkenal pada masa penjajahan, ketika Unilever memasuki pasaran Indonesia di era penjajahan, sekitar dasawarsa 1930-an.

 Produk
  • Pepsodent White Pencegah Gigi Berlubang


  • Pepsodent Fresh Cool Mint

 



  • Pepsodent Whitening



  • Pepsodent Herbal



  • Pepsodent Complete + Gum Care



  • Pepsodent Gigi Susu Strawberry



  • Pepsodent Gigi Susu Orange



  • Pepsodent Complete 8



  • Pepsodent Center Fresh



  • Pepsodent Anak Dora dan Diego, Pagi dan Malam



  • Pepsodent Mouth Wash



  • Pepsodent Action 123



  • Pepsodent White Now



  • Pepsodent Sensitive Expert



  • Pepsodent Expert Protection



  • Pepsodent Tooth Brush: Smart Clean, Family, Fighter, Easy Clean, Extra, Double Care, Torsion, Whitening
 
 
1.    Price

Dari tabel harga yang ditampilkan diatas, pepsodent memiliki harga yang berbeda di setiap daerah yang disesuaikan dengan UMR daerah tersebut. Namun dengan perbedaan harga yang relatif tidak signifikan, pepsodent dapat dikategorikan sebagai produk yang dapat dijangkau masyarakat kaum menengah kebawah, yang artinya produk pepsodent dapat dijangkau oleh seluruh elemen masyarakat.
Maaf kurang menampilkan harga semua varian produk

2.    Place
 
Pepsodent ini dapat dibeli di supermarket-supermarket besar , minimarket, dan warung yang dapat dijangkau untuk semua kalangan.
3.    Promotion 
  • Advertising (Iklan)
           

Dilihat dari segi periklanan, iklan pepsodent banyak muncul di media elektronik seperti televise atau radio, iklan yang ditampilkan mempunyai banyak versi dengan cerita yang diperankan “Ayah Adi dan Dika”. Dengan iklan ber-versi ini pepsodent juga mengajak masyarakat untuk melakukan vote iklan dengan versi terbaik menurut mereka.


Periklanan menjadi perhatian penting karena selain posisinya yang strategis mendapatkan konsumen secara luas dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 
 
  • Sales Promotion

Pepsodent sering kali megadakan promo untuk menarik minat masyarakat membeli produknya. Sebagai contoh: Beli 1 pcs pepsodent complete 8 160 gr, langsung mendapatkan layanan pemeriksaan plak gigi di booth pepsodent. Strategi ini dapat mendekatkan diri dengan konsumen
 

  • Public  Relation
Pepsodent sering kali mengadakan event atau gerakan social, contohnya:





a. Pada tahun 2007, pepsodent mengadakan school roadshow dan periksa gigi gratis di Jawa, Sumatra dan Sulawesi

b. Lomba foto sejuta senyum pepsodent, dimana pepsodent akan memberikan donasi Rp 100,- per foto untuk pembangunan kesehatan gigi dan mulut Indonesia

c. Melaksanakan event senam senyum sehat pepsodent dibeberapa sekolah dasar



 
  • Personal Selling


Personal selling yang dilakukan pepsodent adalah berkunjung ke sekolah-sekolah utuk melakukan demonstrasi “bagaimana cara menyikat gigi dengan benar”. Dengan cara ini pepsodent memberikan edukasi kepada masyarakat. Para ahli gigi juga memperkenalkan produk pepsodent apa yang cocok dengan masalah gigi mereka.


  • Direct Marketing


Pepsodent memberikan nomor custumer care yang dapat diakses konsumen/calon konsumen. Cara ini dapat men-dekat-kan konsumen dengan pepsodent melalui percakapan via telepon

Menurut kelompok kami, pepsodent telah melakukan banyak kegiatan promosi. yang paling berpengaruh menarik hati atau minat masyarakat adalah iklan ayah adi dan dika dan kegiatan promotion public relation. Pesan yang disampaikan dari iklan ayah adi dan dika adalah menyampaikan pesan untuk menggosok gigi setiap malam sebelum tidur yang disampaikan melalui ayah kepada anaknya yang masih kecil, agar terbiasa menggosok gigi sebelum tidur.
public relation yang dilakukan pepsodent berhasil menarik perhatian masyarakat dan memberikan edukasi ke sekolah dasar tertentu bagaimana cara menggosok gigi yang baik. dengan public relation ini pihak dari pepsodent akan berkomunikasi langsung dengan calon customer mereka dan dapat menganalisis perilaku dari target konsumen pepsodent.


Suara Konsumen Unilever:
0800-155-8000(bebas pulsa)
(021) 52995299(pulsa bayar)
Email:

Reference; 

(http://no21reason.blogspot.com/2013/01/marketing-mix-4p.html) diakses pada Sunday, ‎January ‎25, ‎2015, ‏‎12:20:51 PM
(http://id.wikipedia.org/wiki/Pepsodent) diakses pada Sunday, ‎January ‎25, ‎2015, ‏‎12:20:51 PM
(http://hargahariini.blogspot.com/2014/03/daftar-harga-produk-unilever-terbaru.html) diakses pada Sunday, ‎January ‎25, ‎2015, ‏‎12:20:51 PM

 





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar